Komputer Grafis Tugas 2
TUGAS 2
BERIKUT MERUPAKAN RANCANGAN BUKU MENGGUBNAKAN NASKAH
SEBELUMNYA, DIMANA TERDAPAT 9 HALAMAN TERMASUK
SAMPUL BUKUNYA
YANG TERDAPAT DI DALAMNYA :
- SMAPUL / COVER BUKU
- KATA PENGANTAR
- DAFTAR ISI
- CARA MENGGUNAKAN MS WORD
- CARA MENGGUNAKAN POWER POINT
- CARA MENGGUNAKAN PHOTOSHOP
BAB 1
MICROSOFT WORD
1.
PENDAHULUAN
Microsoft Word, merupakan sebuah perangkat lunak pengolah
kata yang dikeluarkan oleh Microsoft. Ini adalah sebuah aplikasi pengolah kata
yang dapat membantu dalam menyelesaikan kegiatan apa pun yang berkaitan dengan
dokumen, teks dan sejenisnya.
2.
MENGGUNAKAN MICROSOFT WORD
A. BUKA
APLIKASI MICROSOFT WORD
Ketika
kita baru membuka aplikasi Microsoft Word akan keluar seperti tampilan gambar
berikut. Kemudian anda bisa pilih Blank Dokumen untuk membuat projek baru atau
kertas baru.
B. MEMBUAT
KOLOM
Langkah untuk membuat kolom table di Microsoft Word yaitu yang pertama pergi menuju menu Insert kemudian pilih menu Table yang berada di sebelah kiri menu Pictures. Lalu pilih kolom 1x1 atau bisa juga kita menyesuaikan dengan kebutuhan tabel. Bisa juga kita mengkustomisasi secara manual. Jika ingin menambahkan kolom tabel, kita bisa menekan tombol Tab pada keyboard laptop atau PC.
Untuk mengubah dan mengedit font bisa kita lakukan dengan cara menuju ke menu Home. Disana kita bisa mengubah font, ukuran font, gaya font, warna font dan sebagainya sesuka hati kita.
Agar font terlihat tebal, kita bisa mengubahnya di menu Home atau bisa dengan menekan tombol Shortcut yaitu Ctrl + B. Agar font terlihat miring atau italic kita bisa mengubahnya dengan menekan tombol Shortcut Ctrl + I
BAB 2
MICROSOFT POWER POINT
1.
PENDAHULUAN
Power Point adalah
aplikasi perangkat lunak untuk media presentasi menggunakan slide. Powerpoint
merupakan aplikasi buatan Microsoft Office yang dipakai untuk presentasi. Ada
berbagai template dan fitur menarik yang bisa digunakan untuk presentasi.
2.
MENGGUNAKAN POWER POINT
A.
BUKA APLIKASI MICROSOFT
POWER POINT
Ketika
kita baru membuka aplikasi Microsoft Power Point akan keluar seperti tampilan
gambar berikut. Kemudian anda bisa pilih Blank Presentasion untuk membuat slide
presentasi terbaru.
B. MEMBUAT
KOLOM TABEL
Langkah untuk membuat kolom table di Microsoft Power Point yaitu yang pertama pergi menuju menu Insert kemudian pilih menu Table yang berada di sebelah kiri menu Pictures. Lalu pilih kolom 1x1 atau bisa juga kita menyesuaikan dengan kebutuhan tabel. Bisa juga kita mengkustomisasi secara manual.
Jika ingin menambahkan kolom tabel, kita bisa menekan tombol Tab pada keyboard laptop atau PC.
Untuk mengubah dan mengedit font bisa kita lakukan
dengan cara menuju ke menu Home. Disana kita bisa mengubah font, ukuran font,
gaya font, warna font dan sebagainya sesuka hati kita.
Agar font terlihat tebal, kita bisa mengubahnya di menu Home atau bisa dengan menekan tombol Shortcut yaitu Ctrl + B. Agar font terlihat miring kita bisa mengubahnya dengan menekan tombol Shortcut Ctrl + I
BAB 3
ADOBE PHOTOSHOP
1.
PENDAHULUAN
Photoshop adalah
software editor grafis raster yang dikembangkan oleh Adobe Inc. Software ini
menjadi standar untuk mengedit grafis gambar. Lebih akrabnya, Adobe Photoshop digunakan untuk pengeditan foto dan pembuatan
efek.
2.
MENGGUNAKAN ADOBE PHOTOSHOP
A.
MEMBUKA
APLIKASI ADOBE PHOTOSHOP
Langkah pertama yaitu,
membuka aplikasi adobe Photoshop di PC anda ataupun laptop.
Langkah kedua yaitu, membuat kanvas baru. Klik Create New Kanvas dan pilih kanvas yang dibutuhkan.
B. MEMBUAT KOLOM TABEL
Setelah
muncul lembaran kertas putih baru, lalu tekan U pada keyboard untuk membuat
shape persegi. Klik dan tarik sesuai dengan kebutuhan. Jika sudah, duplikat
Shape tersebut dengan menggunakan Move Tool (V). Klik dan tarik ke bawah sambil
menekan tombol Alt.
Ulangi Langkah yang sama sampai kebutuhan kolom tabel terpenuhi.
Selanjutnya, jika ingin menambahkan teks atau tulisan bisa menekan tombol T pada keyboard dan klik di bagian kolom tabel yang sudah ada.
Jika ingin
tulisan atau teksnya tebal, anda bisa mengubahnya di kolom Set the Font Style
yang berada di atas dan di samping nama
Font yang digunakan.
Ketika sudah
selesai, jangan lupa menyimpan proyek anda. Tekan tombol Ctrl + S atau ke menu
file Save As.
Komentar
Posting Komentar